Hadits Sifat Kreatif


عَنْ جَرِيْنِ عَبْدِاللهِ فَالَ ... فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَنَّ فِى اْلاِسْلَامِ سُنَّةًحَسَنَةًفَعُمِلَ بِهَابَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ اَجْرِمَنْ عَمِلَ بِهَاوَلاَيَنْقُصُ مِنْ اُجُوْرِهِمْ شَيْئٌ وَمَنْ سَنَّ فِى الْاِسْلَامِ سُنَّةًسَيِّئَةًفَعُمِلَ بِهَابَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَاوَلَايَنْقُصُ مِنْ اَوْزَارِهِمْ شَيْئٌ
(رواه مسلم)

Artinya: “Barangsiapa yang memulai membuat contoh baik di dalam Islam, maka ia mendapat pahala dan pahalanya orang yang mengamalkan sesudahnya tanpa dikurangi pahalanya sedikitpun. Barang siapa memulai membuat contoh jelek di dalam Islam maka ia mendapat dosa dan ditambah dengan dosanya orang yang mengamalkan sesudahnya, tanpa dikurangi sedikitpun.” (HR. Muslim)


Penjelasan dari hadits diatas adalah sebagai berikut:
Kreatif artinya suatu sikap yang selalu ingin berusaha membuat, menciptakan sesuatu yang baru yang memiliki manfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Orang yang kreatif selalu menciptakan sesuatu yang belum pernah ada. Kreativitas harus diiringi dengan usaha yang ulet dalam hal pemikiran maupun tindakannya, untuk menghasilkan suatu penemuan yang baru.

Kreatif bisa diartikan giat bekerja, rajin berikhtiar, rajin belajar mencari penemuan baru yang bermanfaat bagi orang lain, masyarakat, bangsa dan negara. Sifat kreatif dapat kita lihat dalam dunia pendidikan, misalnya lomba menulis karya ilmiah, yang hasil temuannya menjadi panutan ilmiah.

Hikmah yang biasa diambil dari sifat kreatif, di antaranya sebagai berikut :
  1. Manusia akan selalu ingin menemukan hal-hal yang belum pernah ada.
  2. Memberikan manfaat kepada masyarakat dari hasil temuannya.

Belum ada Komentar untuk "Hadits Sifat Kreatif"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...