Hadits tentang Sifat Dermawan (Pemurah Hati)

Dermawan atau pemurah hati ialah orang yang suka membantu orang yang membutuhkan. Orang seperti ini rela memberikan hak miliknya kepada orang lain agar dengan tanpa mengharapkan balasan apa pun. Apabila sifat ini kita miliki maka Allah akan senang kepada kita dan akan memberikan pahala berlipat ganda.
Berikut hadits-hadits riwayat yang menceritakan mengenai sifat dermawan (pemurah hati) :
1. Hadits riwayat Bukhari

اَلْيَدُالْعُلْيَاخَيْرٌمِنَ الْيَدِالسُّفْلَى (البخارى)

Artinya : “Tangan yang di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (penerima).” (HR. Bukhari)

2. Hadits riwayat Athabrani

تَجَاوَزُوْاعَنْ ذَنْبِ السَّخِيِّ،فَاِنَّ اللهَ اَخِذٌبِيَدِهِ اِذَاعَثَرَالسَّخِيُّ قَرِيْبُ مِنَ اللهِ،قَرِيْنٌ مِنَ النَّاسِ،قَرِيْبٌ مِنَ الْجَنَّةِوَلَجَاهِلٌ سَنِيُّ اَحَبُّ اِلَى اللهِ مِنْ عَالِمٍ (أَوْعَابِدٍ)بَخِيْلٍ

Artinya : “Maafkanlah kesalahan orang yang murah hati (dermawan). Sesungguhnya Allah menuntun tangannya jika dia terpeleset (jatuh). Seorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surga. Seorang yang bodoh tapi murah hati (dermawan) lebih disukai Allah daripada seorang alim (tekun beribadah) lebih disukai Allah dari pada seorang alim (tekun beribadah) tapi kikir.” (HR. Athabrani).

اَلْجُوْدُمِنْ جُوْدِاللهِ تَعَالَى.فَجُدُدُوْايَجُدِاللهُ عَلَيْكُمْ (الطبرانى)

Artinya : “Kemurahan hati adalah dari (harta) kemurahan hati dan pemberian Allah. Bermurah hatilah niscaya Allah bermurah hati kepadamu.” (HR. Athabrani)

3. Hadits riwayat Tirmidzi

اَلسَّحِيُّ قَرِيْبٌ مِنَ اللهِ،قَرِيْبٌ مِنَ النَّعاسِ،يَعِيْدٌمِنَ النَّارِ(رواه الترمذى)

Artinya : “Orang yang bermurah hati adalah dekat dengan Allah, dekat dengan sekalian manusia dan jauh dari api neraka.” (HR. Tirmidzi).


Penjelasan dari 4 (empat) hadits di atas adalah sebagai berikut :
Dermawan adalah orang yang suka membantu orang yang sedang dalam kesusahan/kesulitan. Ia dapat dengan suka rela memberikan miliknya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Sifat dermawan ini sebaiknya kita miliki sejak kecil, dengan membiasakan beramal jariyah yang diadakan di masjid, sekolah atau tempat-tempat lain. Di sekolah dapat diadakan kotak amal yang dapat diisi oleh siapa saja dan berapa saja besarnya. Kalian dapat menyisihkan uang jajan, demi untuk beramal. Setiap bulan dibuka, dihitung berapa jumlahnya, kemudian hasilnya dapat disumbangkan kepada fakir miskin, yatim piatu, orang yang ditimpa musibah atau diserahkan kepada teman sendiri yang sedang membutuhkan.

Orang yang bersifat pemurah di dalam hatinya bersih dari sifat-sifat tamak atau serakah. Orang yang tamak adalah orang yang selalu menanti-nanti pemberian dari orang lai, sementara dia sendiri enggan untuk memberi.

Belum ada Komentar untuk "Hadits tentang Sifat Dermawan (Pemurah Hati)"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...