Hadits tentang Akhlak Terpuji Nabi Muhammad SAW

Sejarah mencatat bahwa Nabi Muhammad SAW sejak remaja sampai diangkat menjadi Rasul Allah dikenal memiliki sifat-sifat akhlakul karimah dan uswatun hasanah yang artinya suri teladan yang baik bagi seluruh umat manusia. Beliau sebagai sosok manusia yang memiliki keluhuran budi dan akhlak yang mulia. Hal itu diakui dan dikagumi oleh masyarakat Quraisy. Padahal masyarakat Quraisy pada masa itu masih memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk, antara lain suka berjudi, meminum minuman keras (mabuk-mabukan) dan suka membunuh anak perempuannya serta merendahkan harkat derajat kaum perempuan.


Kita sebagai umat manusia Islam harus mencontoh keteladanan Rasulullah SAW yang memiliki akhlak mulia dan sifat-sifat terpuji. Mulai dari sekarang, kita harus membiasakan diri melakukan perbuatan-perbuatan terpuji, supaya menjadi sifat yang mendarah daging dalam hal bertindak dan melakukan segala sesuatu.

Rasulullah SAW bersabda :

خَيْرُالنَّاسِ اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

KHAIRUNNASI AHSANUHUM KHULUQA

Artinya : “Manusia yang paling baik ialah manusia yang paling baik akhlaknya.” (HR. Imam Tabrani).

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda :

اَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ اِيْمَانًااَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

AKMALULMUKMININA IMANAN AHSANUHUM KHULUQA

Artinya : Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah mereka yang paling baik akhlaknya.” (HR. Ahmad)

Sifat terpuji atau akhlak mahmudah timbul dari orang-orang yang mempunyai ketaqwaan kepada Allah SWT. Orang-orang yang taqwa kepada Allah SWT cenderung menanti perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya dan berperilaku terpuji. Sifat-sifat perilaku terpuji dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dirumah, di sekolah, maupun di masyarakat yang lebih luas, antara lain selalu menepati janji, suka berterima kasih, saat menerima kebaikan dan berani bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah dilakukan.

Berperilaku dan berakhlak mulia bagi siswa merupakan perwujudan dari sifat terpuji. Sebagai siswa dalam bertutur kata, menggunakan kata yang indah dan mulia, menghormati orang tua dan orang yang lebih tua serta mengasihi yang lebih muda. Jika semua itu dilakukan kita akan disenangi oleh orang lain dan tidak akan banyak musuh. Keharmonisan dan kedamaian dalam kehidupan pun dapat terwujud dengan sendirinya.

Belum ada Komentar untuk "Hadits tentang Akhlak Terpuji Nabi Muhammad SAW"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...