Kisah Nabi Ishaq a.s beserta dengan dalilnya

Nabi Ishaq a.s adalah putra Nabi Ibrahim a.s dari istinya yang bernama Siti Sarah. Kata Ishaq berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'tertawa'. Sejak kawin dengan Nabi Ibrahim, Siti Sarah sebenarnya sudah menunjukkan tanda-tanda wanita yang mandul. Sampai dengan usianya yang tua, ia juga belum melahirkan seorang anak. Tetapi, berkat doanya yang terus menerus dipanjatkan, maka akhirnya ia memperoleh kabar dari Malaikat Jibril, bahwa ia akan melahirkan seorang anak yang saleh. Betapa terkejut dan gembiranya hati Siti Sarah mendengar itu.
Nabi Ishaq a.s dan anaknya, Nabi Yaqub a.s beserta Nabi Ibrahim a.s dan keluarganya memperoleh kemuliaan di sisi Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

وَامْرَأَتُهُ قَائِمَةٌ فَضَحِكَتْ فَبَشَّرْنَاهَا بِإِسْحَاقَ وَمِنْ وَرَاءِ إِسْحَاقَ يَعْقُوبَقَالَتْ يَا وَيْلَتَىٰ أَأَلِدُ وَأَنَا عَجُوزٌ وَهَٰذَا بَعْلِي شَيْخًا ۖ إِنَّ هَٰذَا لَشَيْءٌ عَجِيبٌقَالُوا أَتَعْجَبِينَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۖ رَحْمَتُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ ۚ إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan dari Ishak (akan lahir puteranya) Ya'qub. Isterinya berkata: "Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula?. Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh". Para malaikat itu berkata: "Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah". (QS. Hud : 71-73)

Maka Nabi Ibrahim a.s dan Siti Sarah mengucapkan puji syukur atas berita gembira itu. Di dalam Al-Qur'an diterangkan:

وَاذْكُرْ عِبَادَنَا إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ أُولِي الْأَيْدِي وَالْأَبْصَارِ إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ وَإِنَّهُمْ عِنْدَنَا لَمِنَ الْمُصْطَفَيْنَ الْأَخْيَارِ
Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya'qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik. (QS. Shad : 45-47)

Selanjutnya, Allah SWT juga telah menerangkan di dalam Al-Qur'an dengan firman-Nya:

وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ نَافِلَةً ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا صَالِحِينَ وَجَعَلْنَاهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا وَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِمْ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَإِقَامَ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءَ الزَّكَاةِ ۖ وَكَانُوا لَنَا عَابِدِينَ
Dan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya'qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh. Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada, mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah, (QS. Al-Anbiya : 72-73)

Keturunan Nabi Ishaq a.s

Nabi Ishaq a.s mempunyai anak laki-laki bernama Ya'qub, yang kemudian juga diangkat menjadi Nabi dan Rasul Allah. Nabi Ya'qub kemudian mempunyai keturunan yang banyak, di antaranya Nabi Yusuf a.s. Nabi Ishaq jualah yang menurunkan nabi-nabi Bani Israil, termasuk Nabi Isa a.s. Nabi Ishaq a.s wafat dalam usia 180 tahun dan di makamkan di Jirun (sekarang dinamakan Madinah). Beliau adalah salah satu nabi yang memiliki ke salehan setingkat dengan orang tuanya, yaitu Nabi Ibrahim a.s

Kesimpulan dan Hikmah Kisah Nabi Ishaq

  • Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Siti Sarah, yang ketika itu lanjut usianya saat melahirkan Nabi Ishaq a.s.
  • Kata Ishaq berasal dari bahasa Ibrani, yang artinya 'tertawa'. Dinamakan demikian karena ibunya, Siti Sarah tertawa ketika Malaikat Jibril memberitakan tentang akan lahirnya Ishaq darinya, padahal usianya pada saat itu sudah sangatlah tua.
  • Nabi Ishaq a.s dianugrahi keturunan yang banyak, sampai kepada nabi-nabi dari Bani Israil termasuk Nabi Isa a.s

Belum ada Komentar untuk "Kisah Nabi Ishaq a.s beserta dengan dalilnya"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...