Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam

Yang menjadi alasan adanya hubungan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam penelitian ini, dapat dilihat dalam dua hal sebagai berikut:
1.      Karena keberadaan guru dalam kelas adalah sebagai manajer bidang studi. Yaitu, orang yang merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar di sekolah.
2.      Karena guru di sekolah bertugas menentukan keberhasilan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Oleh karena itu, apabila siswa belum berhasil, maka guru perlu mengadakan remedial. Untuk itu, guru yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar adalah guru yang memiliki kompetensi.

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi: (a) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan; (b) pemahaman terhadap peserta didik; (c)pengembangan kurikulum/ silabus; (d) perancangan pembelajaran; (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis; (f) evaluasi hasil belajar; dan (g) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Sehingga apabila guru memiliki kompetensi pedagogik siswa akan lebih memahami apa yang diajarkan oleh guru sehingga prestasi belajar mereka dapat meningkat.

Belum ada Komentar untuk "Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...