Langkah-Langkah Pengenalan Huruf Hijaiyah


Pengenalan dan penguasaan huruf hijaiyah yang merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab suci Al-Qur’an sejak dini sangat penting. Metode dalam belajar huruf hijaiyah biasanya diberikan oleh guru mengaji secara tradisional (konvensional). Pengajaran ini cenderung membuat anak-anak yang diajari menjadi pasif dalam menerima pelajaran mengajinya, karena guru mengaji menerangkan anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah secara lisan, tulisan dan bahasa tubuh.
Dalam mengajarkan peserta didik untuk mengenal dan menghafalkan huruf-huruf hijaiyah, sangat terkait dengan proses mengajarkan cara membaca dan menuliskannya. Pada saat siswa telah mampu mengindentifikasikan huruf-huruf hijaiyah, kemudian ia mampu untuk melafalkannya dengan baik dan benar sesuai dengan makhrajnya, kondisi ini dilanjutkannya dengan mengajarkan murid tata cara menuliskan huruf-hurufhijaiyah. Setelah proses pengidentifikasikan, pelafalan dan penulisan huruf-huruf hijaiyah ini di kuasai dengan baik oleh seluruh murid, maka langkah selanjutnya adalah mengajarkan cara menghafalkannya. Hal ini di maksudkan agar penguasaannya dalam melafalkan dan menulis huruf-huruf hijaiyah itu tertanam dengan kuat dalam memori otaknya. Bahkan dengan kemampuan membaca dan menulis huruf-huruf hijaiyah yang telah di kuasai dapat mempermudah proses untuk menghafalkannya.
Untuk mencapai tujuan itu ada beberapa hal yang harus di lakukan, baik dalam tahap persiapaan maupun tahap pelaksanaannya.

a.       Tahap Persiapaan
Beberapa  hal yang harus di persiapkan oleh guru adalah:
1)      Merumuskan tujuan yang harus di capai oleh murid setelah proses pembelajaraan  menghafal huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dantanda bacaannya terakhir, Tujuan ini meliputi tiga aspek yakni aspek pengetahuaan (knowing), aspek pelaksanaan(doing), dan aspek pembiasaan (being). secara garis besar hal ini telah di uraikan pembahasannya dalam modul ini pada kegiatan belajar.
2)      Persiapan garis besar langkah-langkah pengajaran yang akan di lakukan. Garis-garis besar langkah pengajaraan diperlukan sebagai panduan untuk menghindari kegagalan.
3)      Mempersiapkan alat bantu.

b.      Tahap Pelaksanaan
1)      Ajak siswa berkonsentrasi untuk memperhatikan huruf-huruf hijaiyah yang di sertai dengan tanda bacannya,media yang di gunakan adalah bagian-bagian bertuliskan huruf-huruf hijaiyah bertanda baca yang telah di persiapkan.
2)      Awali dengan mengajarkan cara membaca huruf hijaiyah dengan harakat fathah.
3)      Pastikan bahwa murid telah mampu mengidentifikasikan huruf hijaiyah, Untuk tahap awal transliterasi dapat di biarkan terbuka,setelah murid mampu mengidentifikasikan tutuplah bacaan transliterasinya.
4)      Bacaan huruf-huruf hijaiyah tersebut sesuai makhraj dan tanda bacanya, untuk proses ini guru dapat memanfaatkan alat multimedia jika tidak ada guru mencontohkan langsung cara membacakannnya yangbaik dan benar. Kemudian diikuti oleh murid sampai semuanya dapat membacakan tanpa ada kesalahan.
5)      Setelah siswa mampu membacakannya dengan baik dan benar,mulailah meminta siswa untuk menghafalkannya.
6)      Dimulai dengan tujuh huruf pertama di bacakan tiga kali lalu tutuplah huruf tersebut.
7)      Mintalah murid-murid melafalkan huruf-huruf yang di tutup itu secara bersama-sama.
8)      Pastikan semua murid dapat melafalkan dan menghafalkan dengan baik dan benar.
9)      Setelah semua murid hafal tujuh huruf yang pertama,mulailah menghafal tujuh huruf yang kedua.perlu di ingat  bahwa guru di larang mengajarkan untuk menghafal tujuh huruf kedua sebelum tujuh huruf pertama telah di hafal oleh semua murid. Begitu seterusnya hingga semua huruf hijaiyah dapat di hafalkan oleh semua murid.
10)  Ciptakan suasana yang kondusif dan menyenangka dengan menghindari suasana yang menegangkan.
11)  Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya pembelajaraan pelafalan dan menghafalkan huruf-huruf hijaiyah ini dengan memperhaikan ujaran yang di laukukan seluruh siswa.
12)  Berikan kesempatan terbanyak kepada siswa untuk secara aktif menghafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya.
13)  Setelah tanda baca harakat fathah di kuasai di lanjutkan dengan tanda baca selnjutnya hingga selesai.
14)  Pastikan seluruh murid hafal seluruh huruf-huruf hijaiyah sesuai tanda baca dan makhrajnya dengan baik dan benar.
15)  Guru menguji setiap myrid dengan cara spontan menunjuk bahwa murid secara acak agar murid membacakan hafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar tanpa ada  kesalahan.

c.       Tahap Mengakhiri.
            Apabila pelaksana pembelajaran menghafal huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya telah selesai di lakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan penugasan yang berkaitan dengan hafalan huru-huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj dan tanda bacanya. hal ini di perlukan untuk lebih memantapkan dan melancarkan pelafalan dan hafalan yang di lakukan oleh murid.Sehingga murid selalu ingat dan terbiasa melafalkan dan menghafalkan. Dalam tujuan pembelajaran,ini masuk dalam aspek pembiasaan (being).[1]




[1] Rahayu Fitri, Tujuan dan Rumusan Indikator Pembelajaran Menghafal Al-Qur;an dan Hadits, wordpress.com, Unplace, 2012, hlm. 7-8

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Pengenalan Huruf Hijaiyah"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...