Pentingnya Pendidikan di Sekolah Dasar

Para orang tua semakin menyadari pentingnya pendidikan bagi anak. Hal ini dikarenakan  kesadaran dan pemahaman orang tua terhadap manfaat pendidikan bagi masa depan anak terutama anak usia SD. Pendidikan merupakan investasi terbesar untuk kemajuan masa depan anak khususnya dan masa depan bangsa Indonesia pada umumnya yang harus mulai dipikirkan dan direncanakan sejak usia sedini mungkin.

Tidak jarang para orang tua mengurangi anggaran kebutuhannya sendiri serta bekerja hingga larut untuk membiayai pendidikan putra putrinya. Kebutuhan sekunder dan primer mereka kesampingkan asal anak dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinngi. Hal ini tak terkecuali pada keluarga menengah ke bawah. Ada semacam pepatah kuno yang mereka pakai: "Tak ada kayu akar pun jadi". Artinya, apapun akan diusahakan asal anak bisa bersekolah. Kadang-kadang berhutang ke sana kemari, menjual atau menggadai harta benda. Uniknya, untuk keperluan anak sekolah sangatlah mudah bagi seseorang untuk meminjam uang atau benda. Mengapa? Orang yang dijadikan tempat berhutang juga maklum dan sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Kesadaran dan pemahaman orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak  kembali akan diuji. Tahun pelajaran baru 2013/2014 sudah didepan mata. Akan ada anak mereka yang naik kelas dan butuh peralatan serba baru. Akan ada yang melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Jika orang tua mempunyai beberapa orang anak dimana sekian orang naik kelas, sekian orang mau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Kondisi tersebut akan menjadikan orang tua menjadi lebih pusing dan berpikir serta bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Kayaknya, tahun pelajaran baru identik dengan kesusahan orang tua terutama keluarga menengah ke bawah. Dalam hal ini, suara pendidikan tak mau mengatakan tahun pelajaran baru identik dengan uang. Mengapa? Pendidikan akan selalu membutuhkan uang, paling tidak biaya keperluan siswa sehari-hari. Sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah memiliki batasan tertentu. Gratis, bukan gratis segalanya. Pakaian, perlengkapan belajar, uang jajan, transportasi, tak mungkin ditanggung pemerintah.

Hal di atas merupakan dasar kenapa orang tua mau melakukan apa saja untuk membiayai anaknya sekolah. Terutama pada kasus Sekolah Dasar yang siswanya sudah jelas tidak dapat lepas dari campur tanggan orang tua dan sekolah untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Pendidikan merupakan hal yang paling utama, di Sekolah Dasar merupakan lokasi yang paling mempengaruhi bagi peserta didik untuk meletakan dasar kepribadian ataupun dasar pengetahuan. Seperti sebuah akar pada setiap pohon yang menunjang kokoh berdirinya pohon tersebut.

Usia Sekolah Dasar juga merupakan usia yang rentang bagi siswa karena masih polos dan mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi. Kalau pengaruh tersebut baik, tidak akan bermasalah tetapi apabila pengaruh tersebut buruk akan menimbulkan kekacauan dan kehancuran masa depan siswa. Pendidikan merupakan hal yang dapat digunakan orang tua untuk menghindari hal tersebut. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka orang tersebut akan semakin paham dan mengerti arti serta pentingnya manusia hidup, tentu saja harus diimbangi dengan agama yang kuat. Seseorang yang berilmu tampa agama maka akan mudah terbujuk ke hal yang tidak benar sedangkan orang yang hanya memiliki agama tinggi juga rentan dimanfaatkan karena kurang berilmu.

Sehinga usia SD, merupakan usia yang penting bagi merancang masa depan yang baik. Pada akhirnya orang tua terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dari anak mereka melalui pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan di Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...