Puasa Tarwiyah (Puasa Tanggal 8 Dzulhijjah)

Secara bahasa Tarwiyah berarti “Merenung” atau “berfikir”. Istilah ini terkait dengan peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS. Pada malam ke 8 bulan Dzulhijah Nabi Ibrahim AS bermimpi mendapat perintah untuk menyembelih putranya Ismail. Ia berpikir terus menerus hingga siang harinya, apakah mimpi itu berasal dari Allah SWT atau dari setan. Pada tanggal 9 Dzulhijah ia mendapati keyakinan bahwa mimpi itu dari Allah SWT. Karena itulah, Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah itu pada tanggal 10 Dzulhijah. Atas dasar inilah tanggal 8 Dzulhijah disebut sebagai hari Tarwiyah.

Peristiwa perintah menyembelih Ismail ini diabadikan di dalam Al Qur’an:
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha Bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” (QS. Ash-Shaffat : 102).


Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Hadits sahih yang mengkhususkan puasa pada hari ini memang tidak ditemukan. Namun para ulama melakukan pengiasan terhadap hadits Bukhori yang menyebut keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah di mana hari Tarwiyah terdapat di dalamnya. Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Rasullullah SAW bersabda:
Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: “Ya Rasulullah! Walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasullulah: Walau jihad pada jalan Allah, kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya. (menjadi syahid).” (HR. Bukhori)

Ada sebuah hadits yang menyebutkan hari Tarwiyah secara lugas tapi sanadnya dinilai daif (lemah), bahkan dinilai palsu, yaitu hadits yang berbunyi “Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun”. (HR Imam Dailami)

Daifnya hadits ini karena ada perawi yang bernama Kalbiy, Muhammad bin Saaib Al-Kalbiy. Dia adalah seorang rawi yang dinilai pendusta. Dia pernah mengatakan kepada Sufyan Ats-Tsauri, “Apa-apa hadits yang engkau dengar dariku dari sanad Abi Shaalih dari Ibnu abbas, maka hadits ini dusta.” Hadits tersebut berasal dari Abi Shaalih yang didapatkan dari Ibnu Abbas.

Hadits lain dari Siti Hafshah RA juga tidak menyebut hari Tawriyah secara spesifik. Ia berkata: “Ada empat macam yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu Puasa Asyura (tanggal 10 Muharram), puasa sepuluh hari (di bulan Dzulhijjah), puasa tiga hari pada setiap bulan dan melakukan shalat dua rekaat sebelum shalat subuh.” (HR Ahmad dan An-Nasai)

Faedah dan keutamaan puasa Tarwiyah dikarenakan pada awal bulan Dzulhijjah memang dianjurkan untuk banyak berdzikir dan beribadah. Jadi malam hari Tarwiyah dianjurkan membaca zikir semisal:
Astagfirullah Hal Adziim Al Ladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyum Wa Atubu Ilahi”. Zikir ini sendiri seyogyanya sudah dilakukan sejak tanggal 1 Dzulhijjah.

Selain itu faedah puasa Tarwiyah terkait dengan puasa sunnah lainnya. Kita dapat petik dari sebuah hadits riwayat Abu Said Al-Khudri yang menyebut Rasulullah SAW bersabda:
Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari Api neraka selama tujuh puluh tahun.” (HR Bukhari Muslim)

Beberapa pesantren di Jawa mentradisikan puasa ini seperti di pesantren Salafiyah Pasuruan Jawa Timur. Di sana dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha akan tampak para santri yang sudah mengantre mandi sejak jam 3 pagi karena bersiap sahur dan menjalankan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah.

Niat Puasa Tarwiyah
نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَّةَ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi Ta’ala

“Saya niat puasa Tarwiyah karena Allah Ta’ala”

Belum ada Komentar untuk "Puasa Tarwiyah (Puasa Tanggal 8 Dzulhijjah)"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...