Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam
Minggu, 11 Oktober 2015
Tambah Komentar
Yang
menjadi alasan adanya hubungan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa dalam penelitian ini, dapat dilihat dalam dua hal
sebagai berikut:
1. Karena
keberadaan guru dalam kelas adalah sebagai manajer bidang studi. Yaitu, orang
yang merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar di sekolah.
2. Karena
guru di sekolah bertugas menentukan keberhasilan siswa dalam meningkatkan
prestasi belajar. Oleh karena itu, apabila siswa belum berhasil, maka guru
perlu mengadakan remedial. Untuk itu, guru yang mampu merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar adalah guru yang memiliki
kompetensi.
Kompetensi
pedagogik merupakan kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi:
(a) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan; (b) pemahaman terhadap
peserta didik; (c)pengembangan kurikulum/ silabus; (d) perancangan
pembelajaran; (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis; (f)
evaluasi hasil belajar; dan (g) pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Sehingga apabila guru
memiliki kompetensi pedagogik siswa akan lebih memahami apa yang diajarkan oleh
guru sehingga prestasi belajar mereka dapat meningkat.
Belum ada Komentar untuk "Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam"
Posting Komentar
Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat