Langkah-Langkah Pengenalan Huruf Hijaiyah
Sabtu, 10 Oktober 2015
Tambah Komentar
Pengenalan dan
penguasaan huruf hijaiyah yang merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari
kitab suci Al-Qur’an sejak dini sangat penting. Metode dalam belajar huruf
hijaiyah biasanya diberikan oleh guru mengaji secara tradisional
(konvensional). Pengajaran ini cenderung membuat anak-anak yang diajari menjadi
pasif dalam menerima pelajaran mengajinya, karena guru mengaji menerangkan anak
dalam belajar membaca huruf hijaiyah secara lisan, tulisan dan bahasa tubuh.
Dalam mengajarkan peserta didik untuk mengenal dan menghafalkan
huruf-huruf hijaiyah, sangat terkait dengan proses mengajarkan cara membaca dan
menuliskannya. Pada saat siswa telah mampu mengindentifikasikan huruf-huruf
hijaiyah, kemudian ia mampu untuk melafalkannya dengan baik dan benar sesuai
dengan makhrajnya, kondisi ini dilanjutkannya dengan mengajarkan murid tata
cara menuliskan huruf-hurufhijaiyah. Setelah proses pengidentifikasikan,
pelafalan dan penulisan huruf-huruf hijaiyah ini di kuasai dengan baik oleh
seluruh murid, maka langkah selanjutnya adalah mengajarkan cara
menghafalkannya. Hal ini di maksudkan agar penguasaannya dalam melafalkan dan
menulis huruf-huruf hijaiyah itu tertanam dengan kuat dalam memori otaknya.
Bahkan dengan kemampuan membaca dan menulis huruf-huruf hijaiyah yang telah di
kuasai dapat mempermudah proses untuk menghafalkannya.
Untuk mencapai tujuan itu ada beberapa hal yang harus
di lakukan, baik dalam tahap persiapaan maupun tahap pelaksanaannya.
a.
Tahap Persiapaan
Beberapa
hal yang harus di persiapkan oleh guru adalah:
1)
Merumuskan tujuan yang harus di capai oleh murid
setelah proses pembelajaraan menghafal huruf-huruf hijaiyah sesuai
makhraj dantanda bacaannya terakhir, Tujuan ini meliputi tiga aspek yakni aspek
pengetahuaan (knowing), aspek pelaksanaan(doing), dan aspek pembiasaan (being).
secara garis besar hal ini telah di uraikan pembahasannya dalam modul ini pada
kegiatan belajar.
2)
Persiapan garis besar langkah-langkah pengajaran yang
akan di lakukan. Garis-garis besar langkah pengajaraan diperlukan sebagai
panduan untuk menghindari kegagalan.
3)
Mempersiapkan alat bantu.
b.
Tahap Pelaksanaan
1)
Ajak siswa berkonsentrasi untuk memperhatikan
huruf-huruf hijaiyah yang di sertai dengan tanda bacannya,media yang di gunakan
adalah bagian-bagian bertuliskan huruf-huruf hijaiyah bertanda baca yang telah
di persiapkan.
2)
Awali dengan mengajarkan cara membaca huruf hijaiyah
dengan harakat fathah.
3)
Pastikan bahwa murid telah mampu mengidentifikasikan
huruf hijaiyah, Untuk tahap awal transliterasi dapat di biarkan terbuka,setelah
murid mampu mengidentifikasikan tutuplah bacaan transliterasinya.
4)
Bacaan huruf-huruf hijaiyah tersebut sesuai makhraj dan
tanda bacanya, untuk proses ini guru dapat memanfaatkan alat multimedia jika tidak
ada guru mencontohkan langsung cara membacakannnya yangbaik dan benar. Kemudian
diikuti oleh murid sampai semuanya dapat membacakan tanpa ada kesalahan.
5)
Setelah siswa mampu membacakannya dengan baik dan
benar,mulailah meminta siswa untuk menghafalkannya.
6)
Dimulai dengan tujuh huruf pertama di bacakan tiga kali
lalu tutuplah huruf tersebut.
7)
Mintalah murid-murid melafalkan huruf-huruf yang di
tutup itu secara bersama-sama.
8)
Pastikan semua murid dapat melafalkan dan menghafalkan
dengan baik dan benar.
9)
Setelah semua murid hafal tujuh huruf yang
pertama,mulailah menghafal tujuh huruf yang kedua.perlu di ingat bahwa
guru di larang mengajarkan untuk menghafal tujuh huruf kedua sebelum tujuh
huruf pertama telah di hafal oleh semua murid. Begitu seterusnya hingga semua
huruf hijaiyah dapat di hafalkan oleh semua murid.
10) Ciptakan
suasana yang kondusif dan menyenangka dengan menghindari suasana yang
menegangkan.
11) Yakinkan
bahwa semua siswa mengikuti jalannya pembelajaraan pelafalan dan menghafalkan
huruf-huruf hijaiyah ini dengan memperhaikan ujaran yang di laukukan seluruh
siswa.
12) Berikan
kesempatan terbanyak kepada siswa untuk secara aktif menghafalkan huruf-huruf
hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya.
13) Setelah
tanda baca harakat fathah di kuasai di lanjutkan dengan tanda baca selnjutnya
hingga selesai.
14) Pastikan
seluruh murid hafal seluruh huruf-huruf hijaiyah sesuai tanda baca dan
makhrajnya dengan baik dan benar.
15) Guru
menguji setiap myrid dengan cara spontan menunjuk bahwa murid secara acak agar
murid membacakan hafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar tanpa ada
kesalahan.
c.
Tahap Mengakhiri.
Apabila pelaksana pembelajaran menghafal huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj
dan tanda bacanya telah selesai di lakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri
dengan memberikan penugasan yang berkaitan dengan hafalan huru-huruf hijaiyah
sesuai dengan makhraj dan tanda bacanya. hal ini di perlukan untuk lebih
memantapkan dan melancarkan pelafalan dan hafalan yang di lakukan oleh
murid.Sehingga murid selalu ingat dan terbiasa melafalkan dan menghafalkan.
Dalam tujuan pembelajaran,ini masuk dalam aspek pembiasaan (being).[1]
[1]
Rahayu Fitri, Tujuan dan Rumusan Indikator Pembelajaran Menghafal Al-Qur;an
dan Hadits, wordpress.com, Unplace, 2012, hlm. 7-8
Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Pengenalan Huruf Hijaiyah"
Posting Komentar
Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat