Hadits Tentang Tolong Menolong

Manusia adalah makluk sosial, artinya makluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia sebagai makhluk Tuhan, tidak ada yang sempurna dan tidak bisa menyamai sang pencipta-Nya. Tidak ada seorang pun manusia yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sekaya apapun harta yang dimilikinya.


1. Hadits riwayat Muttafaq Alaih

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّبَعْضُهُ بَعْضًا (ثُمَ سَبَّكَ بَيْنَ اَصَابِعِهِ)

Artinya :”Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya seumpama bangunan saling mengokohkan satu dengan yang lain. (Kemudian Rasulullah SAW merapatkan jari-jari tangan beliau).” (HR. Muttafaq Alaih).

2. Hadits riwayat Asysyihaab

اَلْمُسْلِمُوْنَ يَدٌوَاحِدَةٌعَلَى مَنْ سِوَاهُمْ

Artinya : “Kaum muslimin ibarat satu tangan terhadap orang-orang yang di luar mereka.” (HR. Asysyihaab).

3. Hadits riwayat Tirmidzi

يَدُاللهِ مَعَ الْجَمَاعَةِ،وَمَنْ شَذَّشَذَّإِلَى النَّارِ

Artinya : “Kekuatan disettakan kepada jama’ah. Barangsiapa menyimpang (serong dan memisahkan diri) maka dia menyimpang menuju neraka.” (HR. Tirmidzi)

4. Hadits riwayat Bukhari

هَاْتُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّبِضُعَفَائِكُمْ

Artinya : “Tiadalah kamu mendapat pertolongan (bantuan) dan rezeki kecuali karena orang-orang yang lemah dari kalangan kamu.” (HR. Bukhari)

5. Hadits riwayat Ibnu Abi Addunia dan Asysyihaab

عَوْنُكَ الضَّعِيْفَ مِنْ اَفْضَلِ الصَّدَقَةِ

Artinya : “Pertolonganmu terhadap orang lemah adalah sodaqoh yang paling afdol.”

6. Hadits riwayat Ahmad

وَاللهُ فِيْ عَوْنِ الْمَرْءِمَاكَانَ فِى عَوْنِ اَخِيْهِ

Artinya : “Allah selalu menolong orang selama orang itu selalu menolong saudaranya (semuslim).”

7. Hadits riwayat Muslim

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْ مِنٍ كُرْبَةًمِنْ كُرَبِ الدُّنْيَانَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ.وَمَنْ يَسَّرَعَلَى مُعْسِرٍيَسَّرَاللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَاوَالْاَخِرَةِ.وَمَنْ سَتَرَمُسْلِمًاسَتَرَاللهُ فِى الدُّنْيَاوَالْاَخِرَةِوَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِمَامَاكَانَ الْعَبْدُعَوْنِ اَخِيْهِ

Artinya : “Barangsiapa yang berusaha melapangkan suatu kesusahan kepada seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkannya dari suatu kesusahan di hari kiamat dan barang siapa yang berusaha memberi kemudahan bagi orang yang kesusahan, maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Barang siapa yang berusaha menutupi kejelekan orang Islam, Allah akan menutupi kejelekannya di dunia dan akhirat. Allah selalu membantu hamba-Nya selama hamba itu menolong sesame saudaranya.”

Penjelasan dari 7 (ketujuh) hadits di atas adalah sebagai berikut :
Setiap manusia hendaknya menyadari bahwa di dunia ini ada hukum sebab akibat. Adanya istilah kaya karena adanya orang-orang miskin. Adanya istilah kuat karena adanya orang yang lemah. Setiap orang harus menyadari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.


Kita sebagai makhluk Tuhan harus selalu saling menolong dan saling menghargai antara satu dengan yang lainnya. Hal ini bertujuan demi terwujudnya keharmonisan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

Pertolongan dapat diberikan berupa harta benda, do’a, memberikan saran dan nasihat dan lain sebagainya. Islam menganjurkan kepada umatnya agar selalu tolong menolong antar sesama manusia. Pertolongan dapat diwujudkan dalam bentuk zakat, infak, wakaf dan lain-lain.
Hadits tentang Cinta dan Kasih Sayang Dalam Islam

3 Komentar untuk "Hadits Tentang Tolong Menolong"

  1. makasih gan, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. admin, tolong update kumpulan hadits yang lain

    BalasHapus
  3. Jazakumullah khoiron katsiro

    BalasHapus

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...