Hadits tentang Cinta dan Kasih Sayang Dalam Islam

Sifat cinta dan kasih saying juga ada pada pribadi Nabi Muhammad SAW yang patut menjadi contoh teladan bagi kita kaum muslimin dan muslimat. Beliau memberi contoh kepada kita supaya mengasihi yang tua dan menyayangi yang muda. Beliau pula yang mengajarkan agar mengasihi sesama manusia dan menyayangi lingkungan alam sekitarnya.

Hadits Riwayat Al Baihaqi

مَنْ اَحَبَّ اَنْ يُحِبُّهُ اللَّهُ وَرَسُوْلُهُ فَلْيَصْدُقِ الْحَدِيْثَ وَالْيُؤَدِّي الْاَمَانَةَوَلاَيُؤْذِجَارَهُ (البيهغي)

Artinya : “Barang siapa ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya hendaklah dia berbicara benar (jujur), menepati amanat dan tidak mengganggu tetangganya.” (HR. Al Baihaqi).

Hadits Riwayat Adailami

مَنْ آثَرَمَحَبَّةَ اللَّهِ عَلَى مَحَبَّةِ النَّاسِ كَفَاهُ اللهُ مَؤُوْنَةَالنَّاسِ (الديلمي)

Artinya : “Barang siapa mengutamakan kecintaan Allah atas kecintaan manusia, maka Allah akan melindunginya dari beban ganguan manusia.” (HR. Adailami)

Hadits Riwayat Abu Daud dan Ahmad

حُبُّكَ الشَّيْئَ يُعْيِ وَيُصِمُّ (ابوداودواحمد)

Artinya : Cintamu kepada sesuatu menjadikan kamu buta dan tuli.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

Hadits Riwayat Bukhori

اَلْوَدُّيَتَوَارَثُ وَالْبُغْضُ يَتَوَارَثُ (البخارى)

Artinya : “Cinta berkelanjutan (diwariskan) dan benci berkelanjutan (diwariskan).” (HR. Al Bukhari).

Hadits Riwayat Al Hakim

مَنْ كَانَ يُحِبُّ اَنْ يَعْلَمَ مَنْزِلَتَهُ عِنْدَاللَّهِ فَلْيَنْظُرُ كَيْفَ مَنْزِلَةُاللَّهِ عِنْدَهُ،فَاِنَّ اللهَ يُنْزِلُ الْعَبْدَمِنْهُ حَيْثُ اَنْزَلَهُ مِنْ نَفْسِهِ (الحاكم)

Artinya : “Siapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah hendaklah dia mengamati bagaimana kedudukan Allah dalam dirinya. Sesungguhnya Allah menempatkan hamba-Nya dalam kedudukan sebagaimana dia menempatkan kedudukan Allah pada dirinya.” (HR. Al Hakim).

Hadits Riwayat Bukhari Muslim dari Ibnu Sina

عُذِّبَتْ اِمْرَأَةٌفِيْ هِرَّ ةٍحَبَسَتْهَاحَتَّى مَاتَتْ جُوْعًافَدَخَلَتْ فِيْهَاالنَّارَ (رواه بخارى ومسلم عن ابن عمر)

Artinya : “Disiksalah seorang wanita yang mengurung kucing sehingga kucing itu mati kelaparan, lalu ia masuk neraka karenanya.” (HR. Bukhari Muslim dari Ibnu Sina).


Penjelasan dari ketujuh hadits di atas adalah sebagai berikut :
Nabi Muhammad SAW juga saying terhadap binatang. Pernah beliau membukakan pintu masuk bagi seekor kucing yang hendak berlindung dari terik matahari. Beliau juga pernah mengobati seekor ayam jantan yang sakit. Selain itu, beliau pernah melarang membebani binatang terlalu berat dan berlaku kasar terhadapnya. Demikian juga beliau meminta agar menajamkan pisau bagi kita yang henda menyembelih binatang. Maksudnya, supaya hewan yang disembelih out tidak terlalu lama menahan rasa sakit (cepat mati).

Beliau mengajarkan kepada kita agar tidak menyiksa atau menyakiti binatang. Misalnya, menyabung ayam, mencekik leher binatang, membaka binatang sebelum disembelih dan kencing di lubang tempat persembunyian binatang. Perbuatan tersebut dapat menyakitkan binatang, karena itu tidak boleh dilakukan.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya agar menyayangi makhluk-makhluk lain selain manusia karena kita sama-sama ciptaan Allah. Dengan memiliki sifat-sifat tersebut pantaslah apabila Nabi Muhammad SAW merupakan rahmatan lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam).

Belum ada Komentar untuk "Hadits tentang Cinta dan Kasih Sayang Dalam Islam"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...