Hadits tentang Kejujuran

Rasullulah SAW bersabda :

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَاِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ اِلَى الْبِرِّ اِنَّ الْبِرِّيَهْدِيْ اِلَى الْجَنَّةِ (رواه البخارى ومسلم)

Artinya : “Hendaknya kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membaca kepada kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Penjelasan hadits di atas adalah sebagai berikut :
Salah satu sifat dan pribadi Nabi Muhammad SAW yang mengagumkan ialah Ash-Shiddiq, artinya benar (jujur). Mustahil Nabi Muhammad SAW selalu dihiasi dengan sifat jujur. Beliau tidak pernah berkata bohong. Jika berjanji selalu ditepati dengan jujur. Jika berbuat sesuai dengan apa yang dikehendaki dalam hati sanubarinya. Antara ucapan dan perbuatannya selalu cocok. Oleh karena itu, semua wahyu yang diberikan Allah SWT kepadanya, pasti disampaikan dengan benar dan jujur. Tidak ada yang disembunyikan atau sengaja dihilangkan.

Kita sebagai manusia hendaknya bersikap jujur dalam berbagai hal baik dalam perkataan, perbuatan dan tingkah laku. Allah SWT sangat menyayangi dan menjanjikan surga bagi orang-orang yang jujur. Sebagai umatnya, kita wajib mengakui dan mencontoh semua yang ada pada pribadinya.

Belum ada Komentar untuk "Hadits tentang Kejujuran"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...