Hadits Sifat Solidaritas - Setia Kawan


1. Hadits Riwayat Bukhari

لَايُؤْمِنُ اَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبُّ لِاَخِيْهِ مَايُحِبُّ لِنَفْسِهِ (رواه لبخارى)

Artinya: “Tidaklah beriman seseorang di antaramu hingga ia mencintai keluarganya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari)

2. Hadits Riwayat Muttafaq Alaih

تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ فِى تَرَاحُمِهِمْ وَتَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ كَمَثَلِ الْجَسَدِاذَااشْتَكَى عُضْوٌتَدَاعَى لَهُ سَائِرُجَسَدِهِ بالشَّهْرِوَالْحُمَّى (متفق عليه)

Artinya: “Engkau lihat orang-orang mukmin dalam saling mengasihi, saling mencintai, dan saling menolong seperti satu tubuh yang apabila satu anggota tubuhnya sakit, tertariklah semua anggota tubuh llainnya (ikut sakit) dengan tidak dapat tidur dan panas (demam).” (HR. Muttafaq Alaih)

Penjelasan dari kedua hadits di atas adalah sebagai berikut :
Solidaritas berarti setia kawan, rasa senasib sepenanggungan. Rasa solidaritas antar sesama manusia dapat mewujudkan suatu kehidupan yang harmonis, damai, aman, tentram, penuh dengan ketenangan dan kesetiakawanan. Islam mengajarkan agar umatnya bersifat setia kawan dan saling menolong. Dengan adanya sifat solidaritas ini, tidak akan ada lagi kekhawatiran dalam hidup.

Menurut ajaran Islam, sifat solidaritas (setia kawan) harus dikembangkan dan dilestarikan oleh setiap orang karena melalui rasa setia kawan akan terwujudnya kasih sayang dan persatuan serta kesatuan yang kukuh.

Berikut adalah hal-hal yang harus kita kembangkan demi terwujudnya rasa kesetiakawanan sosial :
  1. Mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi
  2. Menjauhkan hal-hal yang dapat menyakitkan hati teman.
  3. Meminta maaf jika kita mempunyai kesalahan dan memaafkan jika orang lain mempunyai salah kepada kita.
  4. Bersikap ramah-tamah, sikap hormat, dan sopan.
Sifat solidaritas di kalangan siswa, misalnya membantu teman yang sedang mengalami kesusahan, memberikan pertolongan terhadap teman yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah dengan cara memberikan penjelasan cara-cara mengerjakannya.

Belum ada Komentar untuk "Hadits Sifat Solidaritas - Setia Kawan"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...