Hadits Sifat Qana'ah


1. Hadits Riwayat Muslim

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ،قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،قَدْاَفْلَحَ مَنْ اَسْلَمَ وَرَزِقَ كَفَافًاوَقَنَعَهُ اللهِ بِمَااَتَاهُ

Artinya: “Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya beruntung orang yang masuk Islam, mendapat rizki secukupnya dan ia merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya.” (HR. Muslim)

2. Hadits Riwayat Thabrani

اَلْقَنَاعَةُكَنْزٌلاَيَفْنَى

Artinya: “Qana’ah adalah simpanan yang tak akan pernah lenyap.” (HR. Thabrani)


Penjelasan dari kedua hadits di atas adalah sebagai berikut :
Qana’ah berarti rela menerima dan mencukupkan dengan apa yang diperolehnya secara halal dan baik. Qana’ah bukan berarti diam tidak berusaha, dan hidup bermalas-malasan. Berusaha, berikhtiar, dan bekerja tetap dilakukan, namun hasilnya diserahkan kepada Allah SWT. Apabila kita telah berusaha seoptimal mungkin, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka orang yang Qana’ah akan tetap ridha menerima hasilnya dengan sabar dan tawakal kepada Allah SWT sifat Qana’ah ini dapat menjadikan hati kita damai, tentram dan tenang dalam menjalani kehidupan serta dapat menjauhkan diri dari sifat serakah dan tamak.

Banyak orang kaya raya secara lahiriah, namun dibalik itu hatinya selalu gelisah memikirkan keberadaan dan keamanan hartanya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaliknya, banyak orang yang hidupnya serba kekurangan, namun hidupnya tenang dan damai bahkan masih sanggup menyisihkan sebagian hartanya untuk kepentingan social.

Untuk menumbuhkan sifat Qana’ah diperlukan latihan dan kesabaran. Pada awalnya, hal ini mungkin sangat diberatkan. Apabila sifat Qana’ah sudah terbiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan melekat dalam dirinya mendarah daging menjadi bagian dalam hidupnya. Sifat Qana’ah dapat mewujudkan kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat kelak dapat dicapainya.

Sifat Qana’ah dapat mewujudkan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat. Orang yang Qana’ah tidak akan cepat putus asa, serakah, dan tamak. Menerima dengan ikhlas apa adanya yang diberikan Allah kepada kita serta memohon tambahan yang pantas kepada Allah SWT, disertai dengan usaha dan ikhtiar.

Belum ada Komentar untuk "Hadits Sifat Qana'ah"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...