Skripsi Hubungan Kompetensi Mengajar Guru PAI dengan Prestasi Belajar Siswa


HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RAMA YANA SEPUTIH RAMAN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Kegiatan pembelajaran peserta didik tidak saja ditentukan oleh managemen sekolah, kurikulum, sarana dan pra sarana pembelajaran tetapi sebagian besar ditentukan oleh guru. Guru merupakan komponen penting yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Pendidik atau guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan pertolongan pada anak didik dalam perkembangan  jasmani dan rohani, agar tercapai kedewasaan mampu berdiri sendiri memenuhi tugasnya sebagai hamba dan kholifah Allah SWT. dan mampu sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk individu yang mandiri.

Dari beberapa pendapat diatas jelas bahwa sosok guru mempunyai peranan yang sangat besar dan merupakan kunci utama dalam keberhasilan proses belajar mengajar, hasil belajar yang bermutu hanya mungkin dicapai melalui proses yang bermutu, jika proses belajar tidak optimal sangat sulit diharapkan terjadinya hasil belajar yang bermutu, kelancaran proses pendidikan ditunjang oleh komponen pendidikan yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, kurikulum, sarana dan prasarana pembelajaran bahkan juga masyarakat sekitar, berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan di SDN 1 Rama Yana didapatkan bahwa kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar sudah baik akan tetapi nilai prestasi belajar siswa masih ada yang mendapat nilai rendah, hal inilah yang menarik penulis untuk meneliti lebih lanjut.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, serta hubungan antara kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Rama Yana, pelanggaran-pelanggaran apasaja yang dilakukan oleh siswa.

Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam dengan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Rama Yana Seputih Raman, jadi untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian ini maka digunakan metode penelitian diantaranya adalah metode Quisioner, metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi.

Adapun metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan rumus Product Moment sebagai berikut :

Dari analisis dan pengolahan data yang diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa SDN 1 Rama Yana Seputih Raman dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan antara kompetensi mengajar guru pendidikan Agama Islam dengan peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Rama Yana Seputih Raman. Sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima

Untuk mendapatkan keseluruhan dari Skripsi mengenai Hubungan Antara Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 1 Rama Yana Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2008/2009, silahkan mendownloadnya pada link dibawah ini :
  1. Cover
  2. Abstrak
  3. Motto
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi
  6. Daftar Tabel
  7. Daftar Gambar
  8. BAB I
  9. BAB II
  10. BAB III
  11. BAB IV
  12. BAB V
  13. Daftar Pustaka
  14. Angket

Belum ada Komentar untuk "Skripsi Hubungan Kompetensi Mengajar Guru PAI dengan Prestasi Belajar Siswa"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...