Shalat Sunnah Gerhana Matahari dan Bulan

A. Pengertian Shalat Gerhana
Yang dimaksud dengan Shalat Gerhana ialah shalat Sunnah yang dikerjakan ketika ada peristiwa / terjadinya fenomenal gerhana bulan ataupun matahari.

B. Hukumnya
Mengenai hukum Shalat Gerhana adalah Sunnah.

C. Waktu Mengerjakan
Adapun mengenai waktu untuk mengerjakan adalah sewaktu-waktu ada terjadinya gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari, yakni mulai mulai terjadinya gerhana sampai Nampak kembali sempurna seperti semula.

D. Cara Mengerjakannya
Cara mengerjakan shalat dua gerhana itu boleh dikerjakan secara sendirian, tetapi utamanya dikerjakan secara berjamaah. Cara mengerjakannya sebagaimana shalat Sunnah biasa, namun berbeda lafadh niatnya dan berbeda dalam ruku’nya, yakni dikerjakan dua rekaat dengan empat kali ruku’ dan sama dalam sujud yaitu empat kali sujud. Jadi lebih jelasnya : pada rekaat pertama, sesudah ruku’ dan bangkit I’tidal, kemudian membaca surat Al Fatehah dan surat lagi, lalu ruku’ lagi dan I’tidal lagi baru kemudian sujud sebagaimana biasanya. Demikian pula pada rekaat kedua dikerjakan seperti pada rekaat pertama. Yakni dengan dua ruku’ dan dua sujud sebagaimana biasa, namun surat yang dibaca berbeda. Dan bacaab fatihah dan surat pada shalat gerhana bulan harus dikeraaskan dan pada gerhana matahari tidak dikeraskan (dinyaringkan).

E. Lafadh Niat
Niat shalat Gerhaba Bulan (Khusuf)

اُصَلِّى سُنَّةَاْلخُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى.اَللهُ اَكْبَرُ

USHOLLI SUNNATAL KHUSUUFI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA. ALAAHU AKBARU

Artinya : “Saya berniat Shalat Gerhana bulan dua rekaat karena Allah Ta’ala. Allah Maha Besar.

Niat shalat Gerhana Matahari

اُصَلِّى سُنَّةَاْلكُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى.اَللهُ اَكْبَرُ

USHOLLI SUNNATAL KUSUUFI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA. ALAAHU AKBARU

Artinya : “Saya berniat Shalat gerhana matahari dua rekaat karena Allah Ta’ala. Allah Maha Besar.

F. Bilangan Rakaat
Bilangan rekaatnya shalat dua gerhana itu dua rekaat dengan empat kali ruku’, empat kali membaca fatihah dan surat dan empat kali sujud.

G. Anjuran Untuk Mengerjakannya
Firman Allah SAW :
وَمِنْ اَيَتِهِ الَّيْلُ وَاَلشَّمْسُ وَاْلقَمَرُلاَتَسْجُدُوْاوَلِلشَّمْسِ وَلاَلِلْقَمَرِوَاسْجُدُوْالِلَّهِ الَّذِيْ خَلَقَهُنَّ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ.

WA MIN AAYAATIHIL LAILU WAN NAHAARU WASY SYAMSU WAL QOMARU LAA TASJUDUU LISY SYAMSI WA LAALIL QOMARI WAJUDUU LILLAAHIL LADZII KHLOLAQOHUNNA IN KUNTUM IYYAAHU TA’BUDUUNA.

Artinya : “Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah (ialah): malam, siang, matahari dan bulan. (Maka) janganlah kalian bersujud kepada matahari dan jangan pula sujud kepada bulan, namun bersujudlah kepada Allah yang menciptakan semuanya itu, apabila hanya kepada-Nya kamu menyembah. (QS. Fushshilat : 37)

Rasulullah SAW bersabda :

اِنَّ الشَّمْسَ وَلْقَمَرَاَيَتَانِ مِنْ اَيَاتِ اللهِ لاَيَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍوَلاَلِحَيَاتِهِ فَاِذَارَأَيُتُمُوْهُمَافَادْعُوااللهَ وَصَلُّوْاحَتَّى تَنْكَسِفَ

INNASY SYAMSYA WAL QOMARO AAYATAANI MIN AAYAATILLAAHI LAA YANKAS IFAANI LIMAUTI AHADIN WALAA LI HAYAATIHI FA IDZAA RO’AITUMUUHUMAA FAD’UULLAAHA WA SHOLLUU HATTA TANKASIFA

Artinya : “Sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah keduanya menjadi tanda dari tanda-tanda keagungan Allah, terjadinya dua gerhana (matahari dan bulan) bukan karena mati dan hidupnya seseorang. Maka apabila kamu menyaksikan gerhana matahari dan bulan, hendaklah kamu berdo’a kepada Allah dan shalatlah sampai gerhana selesai”.

Demikian hadits yang memberikan pengertian pada kita, bahwa shalat gerhana itu benar-benar dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk mengerjakannya.

H. Doa Sesudah Shalat Hari Raya
Mengenai do’a sesudah selesai shalat gerhana, dipusatkan (ditujukan) untuk supaya secepatnya pulih kembali seperti semula, karena seandainya gerhana tersebut tidak dikembalikan oleh Allah untuk seterusnya, niscaya merupakan bencana yang sangat besar bagi umat manusia dalam kehidupan di dunia ini dan perbanyaklah membaca istighfar dan sholawat atas Nabi Muhammad SAW serta berdo’alah untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat sebagaimana do’a yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kita.

Belum ada Komentar untuk "Shalat Sunnah Gerhana Matahari dan Bulan"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...