Skripsi Hubungan Antara Keterampilan Guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar


HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII SEMESTER I MTs. N KASUI KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Berbicara masalah peningkatan mutu pendidikan dalam mewujudkan pembangunan nasional, maka kita harus menghubungkan antra pendidikan formal, informal dan non formal. Dalam pendidikan formal sudah barang tentu tidak terlepas dari masalah proses belajar mengajar, dimana proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terjadi interaksi antara murid belajar atau guru mengajar yang keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mencapai tujuan pendidikan.

Keterampilan menurut hasil terapan dalam ilmu mengajar, suatu ilmu yang mempelajari proses yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar. Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Guru dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu baik di lembaga formal maupun lembaga non formal, tetapi disengaja dan disadari. Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam pengelolaan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif fan efisien. Disamping itu, keterampilan dasar merupakan syarat mutlak agar guru bisa mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran. prestasi belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang berbentuk angka dalam bidang studi Fiqih yang diberikan oleh guru dalam waktu tertentu. Sedangkan Bidang studi fiqih adalah bimbingan untuk mengetahui ketentuan-ketentuan syariat Islam atau materi yang sifatnya memberikan pengetahuan tentang syariat Islam atau dimiliki, diresapi dan diamalkan. Pengajaran fiqh Islam adalah usaha bimbingan atau asuhan terhadap anak didik agar dapat memahami, menghayati serta mengusahakan pelaksanaan syariat tersebut. Islam sebagai dasar dan pandangan hidupnya, keluarga dan masyarakat lingkungannya. Bimbingan tersebut bukan hanya pemberian pelajaran saja terhadap siswa, tetapi seorang guru harus memberikan suri tauladan di madrasah dan masyarakat. Dengan anjuran guru diharapkan orang tua dan masyarakat lingkungannya ikut membantu terlaksananya pelajaran fiqih Islam untuk diri siswa di rumah tangga dan masyarakat lingkungannya.

Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah Apakah ada Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Semester I MTs. N Kasui Kabupaten Wai Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan hipotesis yang penulis ajukan adalah ada hubungan antara keterampilan guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Semester I MTs. N kasui Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Sedangkan tujuan dan kegunaan penelitian diantaranya adalah Untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengajar di MTs. N Kasui Kabupaten Way Kanan. Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VII Semester I MTs. N Kasui Kabupaten Way Kanan. Untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antara keterampilan guru dalam mengajar denngan prestasi belajar mengajar pelajaran Fiqih kelas VII Semester I MTs. N Kasui Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini penulis lakukan di MTs. Negeri Kasui Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah jumlah populasi secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah 65 orang / siswa.

Untuk meperoleh data-data yang diperlukan penulis menggunakan beberapa metode diantaranya adalah Metode angket untuk mengetahui pencapaian prestasi siswa MTs. Negeri Kasui, metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan lokasi penelitian, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya, letak geografis, dan struktur MTs. N Kasui setelah memperoleh data yang diperlukan penulis menganalisa data tersebut dengan menggunakan rumus Product Moment yaitu:
Setelah data- data tersebut penulis olah maka dapat diketahui bahwa  Adanya hubungan antara keterampilan guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Semester I MTs. N kasui Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan demikian maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Menunjukkan adanya hubungan antara Keterampilan Guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Semester I MTs. N Kasui Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 berdasarkan hasil angket terdapat 33 siswa atau 60 % dari jumlah keseluruhan yang menganggap keterampilan guru dalam mengajar di MTs. N Kasui adalah baik. Hasil belajar atau prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII Semester I MTs. N Kasui Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan melihat nilai ulangan harian yang penulis peroleh yaitu belajar atau prestasi belajar mata pelajaran fiqih adalah Baik. Hal ini berdasarkan prasuvey siswa yang tergolong berprestasi baik 39 siswa  atau 60 % dari keseluruhan. Terdapat hubungan yang tinggi antara Keterampilan Guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Semester I MTs. N Kasui Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan hasil nilai rxy = 0,994

Belum ada Komentar untuk "Skripsi Hubungan Antara Keterampilan Guru dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...