Skripsi Pengaruh Kedisiplinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa


PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 3 SUOH KECAMATAN SUOH KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Disiplin guru dalam penyelenggaraan pendidikan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dalam proses pendidikan yang di dalamnya memuat beberapa unsur, yaitu pemanfaatan waktu, mengatur administrasi pendidikan, dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab, karena disiplin guru akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, dimana prestasi yang tinggi akan dapat diraih siswa. Apabila didukung disiplin guru secara baik dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah Bagaimanakah hubungan kedisiplinan guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010. Dengan hipotesis yang penulis ajukan adalah Ada pengaruh antara kedisiplinan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010. Sedangkan tujuan dan kegunaan penelitian diantaranya adalah : Untuk mengetahui kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugasnya di SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010. Untuk mengetahui Ada pengaruh antara kedisiplinan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini penulis lakukan di SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 25.

Untuk meperoleh data-data yang diperlukan penulis menggunakan beberapa metode diantaranya adalah Metode tes untuk mengetahui pencapaian prestasi siswa SMPN 3 Suoh, metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan lokasi penelitian dan data tentang prestasi siswa kelas VII SMPN 3 Suoh, metode wawancara untuk mengetahui bagaiman kedisiplinan guru dalam mengajar siswa kelas VII SMPN 3 Suoh, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya, letak geografis, dan struktur SMPN 3 Suoh setelah memperoleh data yang diperlukan penulis menganalisa data tersebut dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat yaitu:

Setelah data- data tersebut penulis olah maka dapat diketahui bahwa  Kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugasnya di SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010 termasuk kategori baik. Hal ini penulis sandarkan dari hasil angket yang menunjukkan bahwa kedisiplinan guru yang termasuk kategori baik ada 20 siswa atau 80 %, kedisiplinan guru yang termasuk kategori cukup ada 2 siswa atau 8 % dan kedisiplinan guru yang termasuk kategori rendah ada 3 siswa atau 12 %. Prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010menunjukkan hasil yang cukup. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang memiliki prestasi belajar yang baik berjumlah 6 siswa atau 24 %, anak yang memiliki prestasi belajar yang sedang berjumlah 12 siswa atau 48 % dan anak yang memiliki prestasi belajar yang rendah berjumlah 7 siswa atau 28 %. Dan berdasarkan analisa data sebagai hasil penelitian, ternyata ada pengaruh yang rendah antara kedisiplinan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 Suoh Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dengan diperolehnya Karena nilai yang diperoleh dalam penelitian ini lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai Chi Kuadrat yang ada pada tabel baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1 %, maka dengan demikian dapat disederhanakan menjadi 9,488 > 2,924 < 13,277. sedangkan besarnya pengaruh didapat nilai KK = 0,206 yang terletak pada interval 0,200-0,400 termasuk rendah.

Oleh karena itu penulis memberikan saran bahwa Bagi para siswa SMPN 3 Suoh hendaknya selalu aktif dan patuh dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah dengan cara bersikap yang baik, disiplin, tekun dan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku, serta berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar sebagaimana yang menjadi harapan para guru lebih-lebih orang tuanya di rumah. Bagi para guru dan juga khususnya ornagtas siswa hendaknya tidak bosan-bosan untuk memberikan pengajaran dan bimbingan yang terbaik guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan memberikan suri tauladan yang dicerminkan, akan menunjang mereka dalam bersikap yang baik yang sesuai dengan materi yang terkandung dalam setiap mata pelajaran. Dan bagi kepala sekolah agar kiranya selalu memonitoring pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, karena kepala sekolah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam meningkatkan prestasi belajar.

Untuk mendapatkan keseluruhan dari Skripsi ini,silahkan mendownloadnya pada Link dibawah ini :
  1. Cover
  2. Abstrak, Motto, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel
  3. BAB I
  4. BAB II
  5. BAB III
  6. BAB IV
  7. BAB V
  8. Daftar Pustaka
Baca Juga Skripsi berikut:
Skripsi Hubungan Kompetensi Mengajar Guru PAI dengan Prestasi Belajar Siswa

Belum ada Komentar untuk "Skripsi Pengaruh Kedisiplinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...