Kisah dan Sejarah Nabi Saleh A.S

Nabi Saleh a.s adalah putra 'Ubaid bin Jabir bin Tsamud. Jadi, Nabi Saleh a.s termasuk suku Tsamud, nama yang diambil dari kakeknya. Tsamud bin Amir bin Iram bin Sam bin Nuh. Nabi Saleh a.s sendiri adalah keturunan yang ke enam dari Nabi Nuh a.s. Kaum Tsamud menempati daerah bekas negeri kaum 'Ad yang telah hancur. Negeri itu terletak di antara Hijaz dan Syam di sebelah tenggara Madyan. Kaum Tsamud membangun rumah-rumah mereka di bukit-bukit pegunungan. Tetapi mereka adalah penyembah berhala seperti halnya kaum 'Ad yang celaka. Karenanya mereka berperangai buruk dan berbuat kejahatan, sombong dan congkak atas dirinya.

Nabi Saleh Menyeru Kaum Tsamud

Nabi Saleh menyeru kaumnya, yaitu kaum Tsamud, supaya mereka menyembah Allah SWT yang Esa dan tidak bersekutu. Dijelaskan kepada kaum Tsamud, bahwa Allah lah yang menghidupkan dan mematikan, melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada mereka. Maka diajaknya kaum Tsamud berbakti dan bertobat kepada Allah atas segala dosa mereka, karena sesungguhnya Allah itu bersifat Pengasih dan Penyayang dan memperkenankan doa setiap orang yang beriman.
Di dalam Al-Quran, Allah SWT menerangkan dengan firmannya :

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ

Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka, Saleh. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah. Sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu sebagai pemakmurannya. Karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)." (QS Hud : 61)

Seruan Nabi Saleh a.s tidak dihiraukan. Kaum Tsamud ternyata amat durhaka kepada Allah SWT :
قَالُوا إِنَّمَا أَنْتَ مِنَ الْمُسَحَّرِينَ
مَا أَنْتَ إِلَّا بَشَرٌ مِثْلُنَا فَأْتِ بِآيَةٍ إِنْ كُنْتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

Mereka berkata: "Sesungguhnya kamu adalah salah seorang di antara mereka yang kena sihir. Kamu tidak lain adalah manusia seperti kami; maka datangkanlah suatu mukjizat jika kamu termasuk orang yang benar." (QS. Asy-Syu'ara : 153-154)
Nabi Saleh A.S

Mukjizat Nabi Saleh a.s

Kepada setiap Rasul-Nya, Allah SWT memberikan keistimewaan, berupa mukjizat, atas izin-Nya. Mukjizat Nabi Saleh a.s adalah dapat mengeluarkan seekor unta betina dari sebuah batu besar di balik sebuah bukit. Unta itu mengeluarkan air susu yang dapat diminum oleh banyak orang. Nabi Saleh a.s berpesan kepada kaumnya, agar jangan menggangu unta tersebut. Tetapi, mereka durhaka dan tidak percaya, kaum Tsamud kemudian mengusik unta tersebut. Peringatan Nabi Saleh a.s tidak mereka hiraukan. Tindakan mereka akhirnya amat keterlaluan. Dengan berani mereka kemudian menyembelih unta itu. Setelahnya, mereka datang kepada Nabi Saleh a.s seraya berkata: "Jika benar engkau utusan Allah, buktikan janji siksaan itu." Di dalam Al-Quran, Allah SWT menjelaskan tentang hal itu dengan firman-Nya :

قَالَ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا بِالَّذِي آمَنْتُمْ بِهِ كَافِرُونَ

Orang-orang yang menyombongkan diri berkata: "Sesungguhnya kami adalah orang yang tidak percaya kepada apa yang kamu imani itu" (QS. Al-A'raf : 76)

Kemudian, Nabi Saleh a.s bekata kepada kaum Tsamud, "Kamu boleh menyaksikan, bahwa azab Allah hanya beberapa waktu lagi dan telah dekat.

Azab Menimpa Kaum Tsamud

Setelah unta Nabi Saleh a.s dibunuh, maka tanda-tanda azab Allah mulai tampak. Sebelum azab itu datang, Nabi Saleh a.s beserta orang-orang yang beriman pergi menjauh. Allah SWT menerangkan :

فَتَوَلَّىٰ عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالَةَ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ وَلَٰكِنْ لَا تُحِبُّونَ النَّاصِحِينَ

Maka Saleh meninggalkan mereka seraya berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku, dan aku telah memberikan nasihat kepadamu, tetapi kamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasihat." (QS. Al-A'raf : 79)

Tiba-tiba bumi berguncang dan petir pun menyambar dengan dasyhat, sehingga kaum Tsamud habis binasa. Di dalam Al-Quran, Allah SWT menerangkan peristiwa itu dengan firman-Nya :

فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka.
(QS. Al-A'raf : 78)

Nabi Saleh a.s Berhijrah

Azab Allah SWT telah menghancurkan negeri Tsamud. Nabi Saleh a.s kemudian pindah ke negeri Hadramaut, Menurut riwayat, mereka yang terlepas dari azab Allah SWT itu berjumlah 120 orang. Mereka hidup di tempat yang baru sampai ajal mereka datang.

Kesimpulan dan Hikmah Kisah Nabi Saleh a.s

  • Nabi Saleh a.s adalah keturunan Tsamud bin Amir bin Iram bin Sam bin Nuh.
  • Kaum Nabi Saleh a.s disebut kaum Tsamud, kaum yang sombong dan durhaka kepada Allah SWT. Karenanya, Allah SWT segera mendatangkan azab-Nya kepada mereka.
  • Setiap rasul memiliki mukjizat dari Allah SWT. Mukjizat Nabi Saleh a.s adalah keluarnya seekor unta betina dari batu besar di balik sebuah bukit. Unta itu menghasilkan air susu yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Tetapi oleh kaum Tsamud unta tersebut malah di bunuh.
  • Meski azab menimpa kaum Tsamud, tetapi Nabi Saleh a.s dan para pengikutnya yang beriman diselamatkan oleh Allah SWT.

Belum ada Komentar untuk "Kisah dan Sejarah Nabi Saleh A.S"

Posting Komentar

Mohon tidak mengirimkan SPAM ke Blog ini !
Saling Berbagi Sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...